Rabu, 05 Januari 2011

Observatorium Angkasa

Keberadaan benda-benda langit telah menjadi perhatian manusia sejak dahulu kala. Berbagai alat digunakan untuk menguak rahasia langit. Mulai dari teropong bintang biasa hingga observatorium dengan teleskop berukuran besar. Kurang puas mengamati dari bumi, para ahli astronomi pun mengamati dari luar angkasa. Maka dibangunlah observatorium-observatorium angkasa.

TELESKOP HUBBLE
Teleskop yang dioperasikan oleh NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat ini mulai dirancang pada tahun 1977. Pembangunannya selesai pada tahun 1985, namun baru dikirim ke angkasa pada 25 April 1990. Teleskop seberat 11 ton ini bertugas mengamati berbagai fenomena angkasa luar.




TELESKOP SPITZER
Teleskop luar angkasa Spitzer  diluncurkan dari pada 25 Agustus 2003. Namanya diambil dari Lyman Spitzer, salah satu ilmuan besar abad ke-20 yang pertama kali mengusulkan penempatan satu teleskop besar di luar angkasa pada tahun 1946.

HIPPARCOS
Hipparcos (High Precision Parallax Collecting Satellite) adalah satelit milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang berfungsi untuk pengukuran ukuran dan gerak diri bintang-bintang di angkasa luar. Namanya diambil dari nama Hipparchus, seorang astronom zaman helenistik. Hipparcus diberangkatkan menuju orbit pada 8 Agustus 1989

HINODE
Hinode adalah sebuah wahana antariksa Jepang, bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Inggris, yang diluncurkan JAXA untuk meneliti Matahari. Nama Hinode berasal dari bahasa Jepang  yang berarti matahari terbit. Sebelumnya, wahana ini bernama Solar-B. Diluncurkan dari Pusat Ruang Angkasa Uchinoura di Kagoshima pada 22 September 2006.
Hinode bertugas untuk meneliti perilaku Matahari dengan lebih baik sehingga dapat memprediksi peristiwa terjadinya lidah api.

MISI KEPLER
Misi Kepler (Kepler Mission) adalah teleskop luar angkasa yang bertugas mencari mirip Bumi yang mengorbit bintang lain. Kepler merupakan misi di bawah Program Discovery NASA yang yang berfokus pada sains. Wahana antariksa Kepler diluncurkan pada 6 Maret 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar