Rabu, 05 Januari 2011

Akhir Hayat Rasulullah

Sejak diangkat menjadi Rasul, Nabi Muhammad telah berdakwah selama 23 tahun. Tiga belas tahun di Makkah dam 10 tahun di Madinah setelah Hijrah. Selama masa itu, banyak syariat, perintah dan larangan Allah yang diajarkan kepada kaum muslimin. Juga permusuhan dan peperangan melawan kaum musyrikin. Hingga akhirnya Islam berjaya di jazirah Arab dan sekitarnya.




Setelah Islam diturunkan secara sempurna yang ditandai dengan turunnya ayat terakhir Al-Quran, Rasulullah sudah mengisyaratkan bahwa akhir hidupnya sudah dekat.

Pada bulan Ramadhan tahun 10 H, Rasulullah melakukan i’tikaf di masjid selama dua puluh hari. Padahal pada bulan-bulan Ramadhan sebelumnya, beliau i’ktikaf sepuluh hari saja. Pada bulan tersebut, Malaikat Jibril menguji hafalan Al-Quran beliau hingga dua kali.

Pada waktu Haji Wada, beliau bersabda, “Aku tidak tahu pasti, boleh jadi aku tidak akan bisa bertemu kalian lagi setelah tahun ini dengan keadaan seperti ini.”

Dan saat melempar jumrah Aqabah, beliau juga bersabda, “Pelajarilah manasik haji kalian dariku, karena boleh jadi aku tidak berhaji lagi tahun depan.”

Isyarat-isyarat tersebut seperti menandakan bahwa beliau akan berpisah dengan ummatnya.
Di akhir bulan Shafar, Rasulullah menghadiri pemakaman sahabatnya di Baqi’. Sepulang dari acara tersebut tiba-tiba beliau merasa pusing dan badan beliau panas tinggi. Kian hari, sakit Rasulullah bertambah parah. Aisyah yang menjaga beliau terus menerus membacakan ayat-ayat muawwidzat dan doa-doa sambil meniupkannya ke tubuh Rasulullah.

Sudah sembilan hari, belum ada tanda kesembuhan beliau. Bahkan badan beliau semakin panas. Beliau merasakan demam dan menggigil, sehingga meminta agar diguyurkan air untuk mendinginkan panas. Dalam kondisi seperti ini, beliau menyempatkan diri keluar menemui para sahabatnya di masjid. Beliau duduk di atas mimbar dengan kepala terikat kain. Lalu memberikan nasihat kepada para sahabatnya. Pada kesempatan itu beliau menawarkan qishas atau pembalasan setimpal. “Barang siapa punggungnya pernah kupukul, maka inilah punggungku, silahkan membalasnya.” kata beliau.

Keesokan harinya, sakit Rasulullah tidak kunjung sembuh, bahkan semakin parah dari hari sebelumnya. Karena itu Rasulullah menyampaikan tiga wasiat kepada sahabatnya. Pertama, agar umat Islam mengusir orang Yahudi dan Nasrani dari jazirah arab. Kedua, mengirim para utusan seperti yang pernah beliau lakukan. Ketiga, agar kaum muslimin berpegang teguh kepada Al-Quran dan sunnah.
Dalam kondisi sakit parah, beliau tetap mengimami shalat lima waktu hingga hari kesepuluh.
Pada hari kesebelas, beliau tidak sanggup lagi pergi ke masjid. Beliau berusaha bangkit berdiri, namun tidak sanggup dan pingsan. Setelah siuman beliau bertanya kepada Aisyah, “Apakah orang-orang sudah shalat?”
Aisyah menjawab, “Belum.”

Ketika hendak bangkit untuk kedua kalinya, lagi-lagi beliau pingsan hingga tiga kali. Akhirnya beliau memerintahkan Abu Bakar untuk mengimami jamaah. Sejak saat itu Abu Bakar ditunjuk menjadi imam. Tepatnya, sebanyak tujuh belas shalat selagi beliau masih hidup.

Dua hari sebelum beliau wafat, Rasulullah merasakan badannya agak sehat. Dengan dipapah Ali dan Fadl, beliau keluar rumah untuk shalat zhuhur. Sementara itu Abu Bakar sedang mengimami jamaah. Saat melihat kedatangan beliau, Abu Bakar mundur ke belakang. Namun beliau mengisyaratkan kepada Abu Bakar agar tidak mundur. Beliau duduk di samping Abu Bakar, lalu Abu Bakar shalat mengikuti shalat beliau dan mengeraskan bacaan takbir agar di dengar oleh para makmum.

Keesokan harinya, Rasulullah memanggil putrinya, Fathimah. Beliau membisikkan sesuatu kepadanya hingga dia menangis. Kemudian beliau mendoakan Fathimah. Lalu beliau membisikkan sesuatu yang membuat Fatimah tersenyum. Keluarga Nabi bertanya kepada Fatimah apa isi pesan Rasulullah.
Fatimah menjawab, “Nabi membisiki aku bahwa beliau akan meninggal dunia, aku pun menangis. Kemudian beliau membisiki aku lagi, berisi kabar gembira bahwa akulah anggota keluarga beliau yang pertama kali akan menyusul beliau. Maka aku pun tersenyum.”

Kemudian beliau memeluk kedua cucunya, Hasan dan Husain. Lalu memanggil para istrinya, dan memberi nasehat dan peringatan kepada mereka. Sebelum meninggal beliau meminta diambilkan kayu siwak. Seusai bersiwak beliau mengangkat tangan atau jari-jari mengarahkan pandangan ke atas. Kedua bibir beliau bergerak-gerak. Aisyah masih sempat mendengar sabda terakhir yang beliau ucapkan, “Bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan shalihin. Ya allah, ampunilah dosaku dan rahmatilah aku. Pertemukan aku dengan kekasih yang maha tinggi ya Allah, kekasih yang maha tinggi.”

Kalimat terakhir diulangnya tiga kali disusul dengan hembusan nafas yang semakin melemah. Akhirnya, beliau menghembuskan nafas terakhir.

Hal tersebut terjadi pada waktu pagi menjelang siang pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 hijriyah. Beliau meninggal dunia dalam usia 63 tahun lebih 4 hari. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar